JAKARTA – Selama  berkiprah di institusi Polri, Eks Kadiv Propam, Irjen Pol Ferdy Sambo pernah menorehkan prestasi dalam penanganan kasus besar.

Baca Juga : Ferdy Sambo akan Jalani Sidang KKEP untuk Penentuan Statusnya

Meski demikian, nasibnya kini harus menjadi tersangka dalam kasus dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J di rumah dinasnya. Hingga saat ini ia ditempatkan khusus pada Mako Brimob Kelapa Dua Depok sekaligus untuk menjalani proses sidang kode etik. Ia terancam dipecat dari Polri.

Dilansir dari CNNIndonesia.com, berikut daftar kasus besar yang pernah ditangani Sambo :

Pengungkapan 1,2 Ton Sabu

Pada April 2021, Mabes Polri melalui tim gabungan Satgas Khusus (Satgasus) Merah Putih dan Direktorat IV/Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri mengungkap 2,5 ton sabu jaringan Timur Tengah. Ini merupakan kasus narkoba terbesar yang ditangani Polri.

Khusus Satgasus Merah Putih, mereka mengungkap jaringan 1,2 ton sabu yang dikendalikan oleh WN Nigeria Onkonkwo Nonso Kingsley alias KMK.

Tim ini dipimpin oleh Sambo, Irjen Fadil Imran, dan Irjen Nico Afinta selaku Kasatgas. Kemudian Kasubsatgas Kombes Herry Heryawan, Kombes Mukti Juharsa dan Kombes Hanny Hidayat. Serta pelaksana lapangan Kompol Malvino Edward Siregar.

Sambo tercatat pertama kali menjabat sebagai Kasatgasus Merah Putih pada 20 Mei 2020 lewat Sprin/1246/V/HUK.6.6/2020. Saat itu, Sambo masih mengisi posisi sebagai Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri.

Kebakaran Kejagung

Saat menjabat Dirtipidum Polri, Sambo pernah memimpin pengungkapan kasus kebakaran Gedung Kejaksaan Agung (Kejagung) yang terjadi pada 22 Agustus 2020.

Kasus ini menyita perhatian publik karena bertepatan dengan penanganan kasus buron Djoko Tjandra yang melibatkan jaksa Pinangki Sirna Malasari selaku Kepala Subbagian Pemantauan dan Evaluasi II pada Biro Perencanaan Jaksa Agung Muda Pembinaan Kejagung.