JAKARTA – Peluang tiga nama calon presiden (capres) yang sebelumnya disebut oleh Sekretaris Jenderal DPP PDIP, Hasto Kristiyanto akan ditentukan oleh waktu dan momentum.

Baca Juga : Sejumlah Tokoh Capres Dijadwalkan Hadiri Perayaan 10 Tahun Forum Pemred

Sebelumnya, Hasto sempat membeberkan sejumlah kadernya yang layak untuk diusung dalam Pilpres 2024 mendatang, antara lain Ketua DPR, Puan Maharani, Menteri Sosial, Tri Rismaharini serta Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Ia mengatakan bahwa keputusan tentang siapa capres yang akan diusung oleh partainya merupakan hak dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Lanjutnya, ketiga nama tersebut telah  telah tersaring dari berbagai survei.

“Nama-nama tersebut terbukti masuk radar dalam berbagai survei,” imbuhnya dilansir dari CNNIndonesia.com.

Lebih Lanjut, kini ini semua nama-nama tersebut diminta melebur dengan aspirasi rakyat dan berjuang di akar rumput di tengah ancaman perlambatan ekonomi, kelangkaan pangan dan energi, serta upaya peningkatan efektivitas subsidi.

Sebelumnya, Hasto mengatakan PDIP belum menetapkan sosok yang akan diusung di Pilpres 2024 mendatang. Semua nama saat ini masih digodok oleh Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

Hasto juga meminta kader untuk terus bekerja demi bisa menarik simpati rakyat. Menurutnya, setiap kader yang bisa bekerja untuk mengangkat harkat martabat rakyat, akan dipilih oleh Megawati.

“Siapa yang bekerja dan mengangkat harkat martabat bangsa di situ rakyat akan memberikan apresiasi. Nah itulah yang nanti akan dinilai oleh Ibu Megawati,” katanya.

PDIP merupakan satu-satunya partai yang memenuhi syarat ambang batas pencalonan presiden tanpa harus berkoalisi dengan partai lain.