JAKARTA – Komandan Detasemen Jalamangkara (Dandenjaka) resmi dijabat oleh Mantan Staf Ahli A Bidang Operasi Korps Marinir, Kolonel (Mar) Samson Sitohang yang sebelumnya dijabat oleh Kolonel (Mar) Kresno Pratowo yang akan menjadi Wakil Komandan Lantamal VII Kupang.

Baca Juga : Bupati Lutra Sambut Kunker Komandan Pangkalan Utama TNI AL VI Makassar

Ia menduduki posisi tersebut setelah menjalani serah terima jabatan di Kesatrian Marinir Arthur Solang, Cilandak, Jakarta Selatan, pada Senin (8/8).

Saat memimpin upacara, Komandan Korps Marinir, Mayor Jenderal (Mar) Widodo Dwi Purwanto, mengatakan serah terima Dandenjaka merupakan bagian dari upaya pembinaan personel Korps Marinir dalam membangun kekuatan organisasi secara periodik dan dinamis.

“Yang pada hakekatnya merupakan wujud kepercayaan dan kehormatan dari Korps Marinir kepada para pejabat yang bersangkutan, sebagai motivasi dan petunjuk awal dalam penugasan ke depan,” kata Widodo dilansir dari CNNIndonesia.com.

Dalam kesempatan tersebut, Widodo juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada pejabat lama karena telah memberi kontribusi positif yang bermanfaat bagi satuan dan Korps Marinir secara maksimal.

Sementara kepada pejabat baru, Widodo menyampaikan keyakinan akan mampu mengemban jabatan.

“Saya yakin dengan berbekal pengalaman pada jabatan sebelumnya, Kolonel akan mampu mengemban tugas ini dengan baik dan akan menemukan langkah-langkah serta pola pembinaan dan pengembangan fungsi secara lebih tepat, sekaligus mewujudkan Visi Korps Marinir,” kata Widodo.

Denjaka adalah pasukan khusus anti-teror yang dimiliki oleh Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL). Pasukan ini terdiri atas gabungan personel Komando Pasukan Katak dan Batalion Intai Amfibi.

Pasukan elite ini dibentuk berdasarkan instruksi Panglima TNI yang ditujukan kepada Komandan Korps Marinir pada 13 November 1984. Dihimpun dari berbagai sumber, sebelumnya, pasukan ini bernama Pasukan Khusus Angkatan Laut (Pasusla). Dua tahun setelahnya, Pasusla mengganti namanya menjadi Denjaka