MAKASSAR – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) RI mengatakan, pihaknya memiliki kantongi catatan signifikan mengenai sejumlah luka di tubuh Brigadir J.

Baca Juga : Polri Bersama Komnas HAM akan Umumkan Hasil Autopsi Brigadir J

Komisioner Komnas HAM, Mohammad Choirul Anam membenarkan hal tersebut.

“Tim telah memiliki catatan signifikan yang menunjukkan luka ini akibat apa, karakternya apa, kapan terjadi dan kira-kira luka itu akibat apa,” katanya, Jumat (22/7/2022).

Catatan mengenai luka di tubuh Brigadir J diterima Komnas HMM usai melakukan penyelidikan bersama dengan ahli, Kamis (21/7/2022).

Dalam proses pendalaman dengan para ahli tersebut Komnas HAM menggunakan semua bahan yang diperoleh, termasuk foto dan video yang diterima dari keluarga Brigadir J.

Anam mengatakan pendalaman dan diskusi dengan para ahli memakan waktu cukup lama. Sebab, perlu dipahami dan diselidiki secara detail penyebab cedera, baik karena senjata atau luka dan sejenisnya.

Catatan penting diterima oleh Komnas HAM  akan digunakan sebagai bahan dalam pertemuan dengan dokter forensik yang melakukan otopsi Brigadir J.

Meski memiliki catatan luka yang cukup signifikan di tubuh Brigadir J, Komnas HAM belum bisa mengambil kesimpulan.

“Dalam konteks HAM dan kerja tim, kami belum bisa menyimpulkan karena prosesnya sedang berlangsung dan tahapannya belum lengkap,” katanya, dilansir suara.com

Baca Juga : Kanwil Kemenkumham Sulsel Gelar Rapat Penilaian dan Penetapan Angka Kredit