MAKASSAR – Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Hasanuddin Aminuddin Syam terpilih menjadi Ketua Umum Perhimpunan Sarjana dan Profesional Kesehatan Masyarakat Indonesia (Persakmi) periode 2022-2026.

Aminuddin Syam meneruskan tongkat estafet kepemimpinan dari Prof Ridwan Amiruddin, yang sebelumnya memimpin Persakmi periode 2017-2021.

Aminuddin Syam mengatakan terpilihnya dirinya sebagai Ketua Umum Persakmi merupakan suatu kepercayaan, harapan dan amanah dari Sarjana Kesehatan Masyarakat di seluruh Indonesia yang perlu dipertanggungjawabkan.

Lanjut alumni FKM Unhas Angkatan 1987 ini mengatakan Persakmi adalah organisasi yang besar. Lahir bersamaan dengnn reformasi. Saat ini Persakmi telah membawa banyak perubahan dalam bidang kesehatan masyarakat. Dalam hal sumber daya, PERSAKMI dihuni mulai dari Sarjana sampai Professor yg tersebar dari Aceh sampai Papua.

“Persakmi adalah organisasi besar yang lahir bersamaan reformasi 20 Mei 1998. Kelahirannya banyak mebawa pesan dan harapan perubahan yang terkait dengan peningkatan status kesehatan masyarakat.,” kata Aminuddin Syam, Sabtu (25/6/2022).

Lanjut alumni FKM Unhas Angkatan 1987 ini berharap Persakmi mesti diberikan ruang, tanggungjawab dan kewenangan sesuai dengan kompotensinya SDM yg dimilikinya, terutama posisi atau jabatan yang mengisi berlabel kesehatan masyarakat mulai dari tingkat pusat hingga pusat sampai kecamatan.

Sementara itu, Husni Thamrin berharap membawa Persakmi menjadi rumah para SKM dan menumbuhkan kemandirian dalam pengelolaan profesi kesehatan masyarakat serta mendorong kemandirian perguruan tinggi kesama untuk melaksanakan pendidikan profesi.

“Persakmi harus menjadi rumah besar untuk sarjana kesehatan masyarakat serta menghadirkan kemandirian dalam pengelolaan profesi kesehatan masyarakat,” katanya.