JAKARTA – Pemilu 2024 kian mendekat, sejumlah partai politik sedang melancarkan safari politik mereka demi mencari relasi untuk berkoalisi menghadapi Pilpres 2024 mendatang.

Baca Juga : Anies, Puan, dan Syafruddin di Balapan Formula E, Pilpres 2024 ?

Pada Jumat (25/6) malam, Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) telah menyambangi kediaman Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto di Kertanegara yang berlangsung selama 2 jam.

Kendati demikian, setelah pertemuan itu selesai, Prabowo belum menjelaskan tentang koalisi yang akan dilakukan partainya dengan partai yang kini dipimpin AHY. Namun, ia hanya mengungkapkan akan melanjutkan komunikasi dengan AHY.

“Karena itu kita sepakat untuk terus melanjutkan komunikasi ini dengan sebaik-baiknya,” kata dia dilansir dari CNNIndonesia.com.

Tidak hanya Partai Demokrat, Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar juga sempat menjajal kerjasama dengan Prabowo pada 18 Juni 2022 lalu.

Berbeda dengan pertemuan bersama Demokrat, Prabowo dan Cak Imin justru langsung sepakat membentuk Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya, padahal wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid bersama Sekjen PKS, Aboe Bakar Alhabsyi pernah mewacanakan pembentukan Koalisi Semut Merah beberapa hari sebelum terjadi pertemuan antara Prabowo dengan Cak Imin. Bahkan, PKB santer dikabarkan bakal mendeklarasikan pembentukan koalisi bersama PKS dan NasDem.

Prabowo juga pernah melakukan pertemuan dengan Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh pada 1 Juni 2022. Disusul Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono menemui Paloh pada 5 Juni 2022.

Dua pertemuan itu terjadi jelang Rapat Kerja Nasional (Rakernas) NasDem yang mengagendakan penggodokan nama bakal capres yang bakal diusung NasDem di Pilpres 2024 mendatang.