DPRD Makassar

7 Tips Bagi Pemula untuk ke Tanah Suci

MAKASSAR Peneliti Pusat Kajian Peneliti Haji dan Umrah, Asmin Jaya, memberikan Tips bagi kaum Muslimin yang baru pertama kali berangkat ke Tanah Suci.

Berikut ini tips yang perlu dipersiapkan bagi calon jemaah haji yang baru pertama kali berangkat ke Tanah Suci.

1. Perbanyak Pengetahuan mengenai Ibadah Haji

Setelah melakukan pendaftaran ibadah haji, kita memerlukan waktu yang tidak singkat untuk mendapatkan giliran keberangkatan ke Tanah Suci. Oleh karena itu calon jemaah haji harus memperkaya diri dengan wawasan atau pengetahuan agama khususnya tata cara pelaksanaan ibadah haji. Hal itu dapat dilakukan dengan cara membaca buku tuntunan manasik Haji, datang ke pengajian agama, berguru kepada ahli agama dan masih banyak lagi lainnya.

2. Menentukan Haji Reguler / Haji Plus

Menentukan layanan jenis haji bagi calon jemaah juga sangat penting. Apakah calon jemaah haji ingin menempuh haji Reguler (Berbasis Layanan Pemerintah) atau Haji Plus/Khusus (Berbasis Layanan Travel). Tentunya hal ini juga memberikan pelayanan, fasilitas akomodasi dan daftar tunggu keberangkatan yang berbeda.

Baca Juga : Polri Bersama Polda Jatim, Gagalkan Penyeludupan Minyak Goreng Siap Ekspor

3. Membayar Biaya Angsuran

Untuk mendapatkan nomor antrian atau biasa disebut dengan nomor porsi calon jemaah maka perlu untuk membayar telebih dahulu biaya angsuran haji ke Provider yang ditentukan. Dalam hal ini calon jemaah haji harus berhati-hati karena tidak sedikit kasus penipuan keberangkatan ke Tanah Suci.

4. Persiapkan Berkas Pendaftaran

Melakukan persiapan berkas untuk melengkapi prosedur pendaftaran sedini mungkin dilakukan oleh calon jemaah haji agar pada saat melakukan pendaftaran dapat terselesaikan dengan cepat. Persiapkan KTP, KK, akte kelahiran, Ijazah sekolah apabila diperlukan, buku nikah bagi yang sudah menikah, untuk membuat paspor perjalanan calon jemaah haji dan Dokumen pendukung lainnya sesuai dengan kebijakan pemerintah yang berlaku.

 Baca Juga : Antisipasi Tindak Pidana Kejahatan Malam Hari, Polres Pelabuhan Makassar Tingkatkan Patroli

5. Persiapkan Barang Bawaan