JAKARTA – Kabar duka datang dari KBRI Ukraina di Kiev. Duta Besar Indonesia untuk Ukraina, Ghafur Akbar Dharmaputra, meninggal dunia.

Baca Juga : Kabar Gembira, Gub Beri Tambahan Bonus 10%, Total Menjadi Rp 250M

Dikutip dari cuitan Duber RI Kazakstan-Tajikistan, Fadjroel Rachman di akun Twitternya membeberkan berita duka tersebut.

“Innalillahi wainnailaihi rojiun wafat Dubes RI untuk Ukraina HE Ghafur Akbar Dharmaputra, pukul 21:50 WIB di Jakarta. Keluarga besar KBRI Nur-Sultan @nursultan_kbri sangat berdukacita,” tulisnya, Jumat (13/5/2022).

Juru bicara Kementerian Luar Negeri, Teuku Faizasyah membenarkan kabar duka tersebut.  Faizasyah mengatakan Kementerian Luar Negeri sedang berduka atas kematian Ghafur.

“Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun. Menteri Luar Negeri, Wakil Menteri Luar Negeri beserta seluruh jajaran di Kementerian Luar Negeri RI berdukacita yang mendalam atas meninggalnya Duta Besar Ghafur Akbar Darmaputra,” katanya, dilansir news.detik.com.

Faizasyah mengatakan Ghafur adalah seorang diplomat senior Indonesia yang telah mendedikasikan kerja dan karyanya untuk negara dan bangsa. Selama menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Ukraina, Ghafur dianggap sebagai tokoh kunci dalam membantu mengevakuasi warga negara Indonesia dan menjaga kepentingan Indonesia selama masa yang sangat sulit di Ukraina.

Ghafur, lanjut Faizasyah, menjalankan perannya sebagai duta besar hingga menit terakhir.

“Semoga almarhum mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan di masa yang sulit ini,”  katanya.

Kabar duka ini juga diberitakan oleh KBRI Kiev, Ukraina melalui akun Instagram miliknya, @indnesiainkyiv. Jenazah Ghafur Akbar kini berada di rumah duka di Fatmawati, Jakarta Selatan.

“Innalillahi wa inna ilaihi rooji’uun. Telah berpulang ke Rahmatulloh, Bapak Ghafur Akbar Dharmaputra, Duta Besar LBBP Indonesia untuk Ukraina, Georgia dan Armenia pada Kamis malam, 12 Mei 2022, di RS Medistra Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Semoga Almarhum Husnul Khotimah, diterima semua amal ibadahnya, dan diampuni semua dosanya. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan,” tulis @indonesiainkyiv.

“Jenazah disemayamkan di Rumah Emir Firdaus, Perumahan Admiralty Kaveling B16, Jalan Fatmawati Raya No 1, Pondok Labu, Jakarta Selatan. Jenazah akan disalatkan setelah salat Jumat,” lanjutnya.

Keluarga besar KBRI Kiev menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya Ghafur.  Ghafur dianggap sebagai pemimpin yang baik, dapat diandalkan dan bertanggung jawab.