JAKARTA – Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo lakukan pengecekan skema one way untuk hadapi arus balik mudik 2022 mulai dari KM 414 Tol Kalikangkung hingga KM 47 Tol Cikampek, dilanjutkan dengan Contraflow hingga KM 28, Sabtu (7/5/2022).

 

Baca Juga : Pernikahan Anak Bupati Jeneponto Bakal Dihadiri Tokoh Nasional, Ini Salah Satunya!

Ia mengatakan, tahap one way yang telah dimulai sejak pukul 14.00.WIB yang telah memasuki KM 70, kemudian ke KM 47 hingga KM 28 diberlakukan Contraflow.

 

“Dari proses perjalanan one way yang dilaksanakan mulai dari jam 14.00 WIB, maka kita lihat bahwa kepala one way sudah masuk di KM 70 kurang lebih sekitar tiga sampai empat jam. Lalu selanjutnya dari KM 70 ke KM 47 di berlakukan One Way dan kemudian KM 47 sampai dengan KM 28 diberlakukan Contraflow,” kata Sigit.

 

Lanjutnya, melihat kondisi perjalanan sudah lancar dan pada hari Jumat (6/5) pukul 14.00 WIB dilakukan One Way karena angka kepadatan pemudik sudah melewati 3.700 dan menyentuh angka 5.000 dalam waktu dua jam.

 

“Kita lihat bahwa seluruh perjalanan lancar. Dan kenapa dari pukul 14.00 WIB tadi dilaksanakan kegiatan One Way, karena memang dari parameter atau indikator yang ada. Angka kepadatan sudah mulai meningkat diatas 3.700. Bahkan terdapat data dalam waktu dua jam sampai di atas angka 5.000. Sehingga mau tidak mau One Way harus dilakukan,” ujarnya.

 

Lebih lanjut, seluruh anggota akan bersiap dilokasi untuk melakukan evaluasi dan berikan pelayanan maksimal sehingga pada malam hari, arus balik mudik telah berjalan dengan lancar

 

“Tentunya seluruh anggota akan bersiap dilapangan, dan melakukan evaluasi-evaluasi. Sehingga proses arus balik, yang saat ini sudah mulai berjalan. Dan bahkan mulai tadi malam semuanya bisa berjalan dengan aman dan lancar. Kami, telah instruksikan kepada seluruh anggota untuk memberikan pelayanan yang maksimal untuk pengamanan dan pelayanan arus balik,” ucapnya.