SURAKARTA – Sepertinya tidak ada hari libur atau ‘no days off’ dalam kamus Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri, Zudan Arif Fakrulloh. Etos kerja yang kuat ini meluas ke jajaran Dinas Dukcapil di daerah.

Baca Juga : Buka Hari Lebaran, Dirjen Zudan Apresiasi Layanan Dukcapil Madiun

Misalnya, selama libur panjang ini, Dinas Dukcapil Surakarta membuka layanan khusus untuk administrasi kependudukan seperti pencetakan KK, dan KTP-el yang hilang/rusak.

Dukcapil Buka Layanan Administrasi Kependudukan Selama Libur Panjang
                   Dinas Dukcapil Surakarta membuka layanan khusus untuk administrasi kependudukan

Dirjen Zudan yang berkunjung ke Dinas Dukcapil Kota Madiun sejak Selasa (3/5/2022), berlanjut hari ini Rabu (4/5/2022) melihat langsung Layanan Piket Libur Nasional dan Cuti Bersama Lebaran di kantor Dukcapil Surakarta.

Kepada Kadis Dukcapil Surakarta, Y. Pramono beserta jajaran, Dirjen Zudan menyampaikan apresiasinya atas pelayanan yang dinilai sangat baik dan dapat menjadi contoh praktik yang baik bagi kabupaten/kota lainnya.

Di tengah kunjungannya, Dirjen Zudan berkenan memberikan secara simbolis KTP-el kepada pemohon, dan berpesan agar jajaran dukcapil Surakarta tidak cepat berpuas diri.

“Pencapaian yang sudah baik ini belum cukup. Terus tingkatkan pelayanan agar masyarakat makin bahagia. Saya dorong Disdukcapil Surakarta menuju layanan 15 menit jadi. Di Indonesia baru Disdukcapil DKI Jakarta yang mendeklarasikannya, Surakarta jangan mau ketinggalan,” katanya.

Sementara itu, Kadis dukcapil Surakarta, Y. Pramono melaporkan aktivitas piket layanan adminduk selama libur nasional dan cuti bersama lebaran tersebut sebagai implementasi dari Surat Edaran Sekretaris Daerah Surakarta Nomor: KP. 11/1528/2022.

“Kami menugaskan 10 tim secara bergiliran, dimulai tanggal 29 dan 30 April. Sementara untuk tanggal 1-3 Mei libur dan ditugaskan kembali piket layanan pada tanggal 4 hingga 8 Mei 2022,” katanya.

Pelaksanaan piket dilakukan secara bergilir, dengan harapan masyarakat tetap terlayani dan para pegawai tetap dapat menikmati liburan lebaran bersama keluarga.

Usai bersambung rasa di Disdukcapil Surakarta, Dirjen Zudan melanjutkan kunjungannya ke kantor Disdukcapil Kabupaten Klaten.

Di Klaten, Dirjen Zudan mendorong agar penataan kantor Disdukcapil yang lebih nyaman bagi pemohon dan petugas.

Apa yang dilakukan Dukcapil yang proaktif melayani bahkan dihari libur ini, adalah menjalankan arahan Mendagri, Tito Karnavian agar Dukcapil terus berkarya, terus memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat.