Medan – Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) mengunjungi sejumlah pasar tradisional Kota Medan sekaligus bekerjasama dengan Pemda setempat untuk memggelar Pasar Mitra Tani (PMT) di Lapangan Pertiwi Kelurahan Brayan, Kec Medan Barat, Minggu (27/04/2022).

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, menyediakan pangan bagi seluruh rakyat merupakan salah satu tujuan pembangunan pertanian yang dipikul oleh Kementerian Pertanian. Oleh karenanya, ketersediaan pasokan pangan tak boleh terganggu sama sekali, terlebih pada masa Ramadan dan jelang Idul Fitri seperti saat ini.

“Pangan rakyat tak boleh terganggu. Kami menjamin tak boleh ada satu orang pun rakyat yang pangannya tak tersedia. Oleh karenanya, saya meminta seluruh jajaran saya untuk memastikan hal tersebut dan melihat lebih dekat dengan turun ke lapangan,” ujar Mentan SYL.

Baca Juga: Bantu Ekonomi Warga, DWP Kementan Berbagi Sembako Gratis di Jakarta Utara

Direktur Jenderal PSP Kementan, Ali Jamil mengucapkan, Terima kasih banyak kepada pihak terkait terutama Gubernur Sumut dan jajarannya, Walikota Medan beserta jajarannya yang telah ikut andil menyukseskan perhelatan persembahan untuk rakyat tersebut.

Kementerian Pertanian, kata Ali, memiliki komitmen tinggi dalam menjaga ketersediaan 12 bahan pangan pokok, khususnya menjelang Lebaran. Salah satu langkah yang diambil adalah telah dilakukan peninjauan sejumlah pasar di Kota Medan dan memastikan ketersediaan kebutuhan mendasar masyarakat tersedia dgn harga terjangkau.

“Ini adalah arahan bapak Menteri Pertanian bapak Prof. Syahrul Yasin Limpo. Memantau kebutuhan masyarakat bukan hanya tugas pusat aja. Ini harus dilakukan oleh semua elemen. Nah hasilnya, dari hasil pantauan kami, secara umum stok atau ketersediaan 12 bahan pangan pokok secara umum dalam kondisi aman, meskipun didapati harga minyak goreng yang masih fluktuatif,” papar Ali.

Baca Juga: Selama HBKN, Kementan Jamin Ketersediaan Telur Ayam Ras di Kediri

Selanjutnya, Ali menegaskan, Kementerian Pertanian bekerjasama dengan lintas sektor lingkup Pemerintah
Daerah Provinsi Sumatera Utara serta distributor-distributor 12 bahan pangan pokok di Medan dalam memperlancar supply barang di pasar hingga ke masyarakat, sehingga kebutuhan bahan pokok tidak terkendala sampai Idul Fitri 1443 H.